Pemilik mobil tentu akan memilih tempat duduk yang nyaman. Apalagi pengemudi atau penumpang yang sering mengendarai mobil melewati kemacetan lalu lintas padat, macet atau perjalanan jauh.

Jok mobil dibuat dengan berbagai bahan pelapis. Namun, pada umumnya jok mobil sering dibuat dari kulit, semi-kulit, nilon dan vinil. manakah yang terbaik?

Kulit dianggap sebagai bahan berkualitas tinggi di antara bahan-bahan lainnya. Selain nyaman dengan kelembutannya, desain pelapisnya benar-benar mewah dan menawan. Namun, berdasarkan kualitasnya, lapisan kulit relatif lebih mahal untuk harga dan perawat.

Sedangkan bahan semi-kulit, memiliki keunggulan yang terletak pada kekebalannya terhadap suhu panas. Bahannya, pelapis jenis ini tidak menyerap panas sehingga tidak perlu khawatir saat memarkir mobil di tempat yang panas. Harga bahan-bahan ini lebih terjangkau.

Lalu, banyak bahan nilon mengatakan kualitasnya hampir seperti kualitas jok kulit. Bahkan, bahannya lebih kuat dan lebih tahan lama. Harganya lebih murah.

Namun, pada permukaan lapisan ada pori-pori dengan diameter yang cukup besar sehingga rentan menjadi kotor. Jadi, Anda harus membersihkannya secara teratur.

Vinyl adalah bahan yang cocok untuk digunakan jika pemilik mobil adalah seseorang yang super sibuk, tidak punya waktu untuk merawat kursi, atau bahkan Anda benar-benar pemalas malas.

Jok ini mudah dibersihkan, tidak rumit, dan tidak terlalu mahal dalam perawatan. Sayangnya, vinil adalah pendingin yang baik sehingga lapisan ini memiliki potensi untuk mengurangi kenyamanan.

Pelapis juga diperlukan, dengan tujuan agar tidak kotor. Ada beberapa sistem pelapisan pada jok mobil. Pertama, dengan Cover Jok Otomatis. Dengan cara ini, Anda tidak perlu sulit membongkar karena prinsipnya hanya menutup kursi melalui sarung tangan karet.

Lalu, ada juga paten yang mengharuskan pembongkaran seluruh jok. Cara sistem paten bekerja, adalah mengganti jok dengan jok khusus.

Lalu ada sistem semi-paten. Melalui sistem ini, Anda tidak akan memiliki sistem paten yang membongkar seluruh kursi. Sistem kerja semi-paten hanya melapisi kursi lama dengan sarung baru.

Dalam memilih jok mobil pahami kelebihan dan kekurangan bahan pelapis yang dijelaskan di atas. Setelah itu, sesuaikan dengan kebutuhan dan kantong Anda. Kemudian, selesaikan metode instalasi yang benar-benar tepat.

Jika Anda yakin, maka tentukan warna jok, lalu pilih bahan yang berkualitas dan merk yang tepercaya. Jangan lupa pertimbangkan juga aspek biaya dan perawatan.